Minggu, 03 November 2013

7 Film dengan "Twist/Shocking Ending" Terbaik



Ending, atau penutup bisa jadi adalah salah satu elemen paling penting dalam keberhasilan sebuah film untuk dapat meninggalkan kesan pada setiap penontonnya. Biasanya ending sebuah film dikelompokan menjadi dua kelompok besar, happy ending dan sad ending yang saya percaya kalian pasti mengerti definisi keduanya.
Namun ada kalanya ending memiliki variasi lain sebut saja twist ending, atau terkadang org menyebutnya shocking ending. Nah untuk ending jenis ini, sesuai dengan sebutannya memang sama sekali tidak terduga, mengejutkan bahkan tidak sedikit membuat penontonnya  melongo setelah menyaksikannya
Nah, berikut ini saya akan memberikan daftar 7 film yang menurut saya memiliki twist ending terbaik dan paling meninggalkan kesan mendalam hingga saat ini. Peringkat dalam urutan acak ya! Selamat mereview film-filmnya brosist.



1. The Sixth Sense | 1999 | USA | M. Night Shyamalan

 
Plot : Dr. Malcolm Crowe (Bruce Wills) adlh psikiater spesialis anak yg membantu Cole Sear (Haley Joel Osment), seorang bocah intovert yg mengaku bisa melihat dan berbicara dengan orang yang telah mati

The Shocking End : M. Night Shyamalan dalam karya terbaiknya ini sukses mengiring penontonnya masuk dalam jebakan tanpa pernah mencurigai sedikitpun bahwa pada akhirnya karakter Bruce Wills sesungguhnya sudah mati sejak menit2 awal karena ditembak oleh pasiennya sendiri, membuat film yg sebenarnya biasa ini menjadi luar biasa.
Jika anda cukup jeli, Malcolm hanya terlihat berkomunikasi dengan Cole, sedangkan bersama istrinya ia hanya berbicara tanpa pernah ditanggapi, Shyamalan membuat penontonnya percaya bahwa mereka seolah olah sedang bertengkar.




2. The Game | 1997 | USA | David Fincher

Plot : Di ulang tahunnya yang ke-48, Nicholas Van Orton (Michael Douglas), seorang bankir kaya raya baru saja diberi hadiah oleh adiknya, Conrad (Sean Penn). Bukan hadiah biasa, melainkan sebuah voucher untuk mengikuti sebuah permainan. Dan di saat Nicholas akhirnya memutuskan untuk ikut bermain, ia tidak pernah menyangka bahwa permainan tersebut akan berujung pada rentetan kejadian misterius yang membahayakan nyawanya.

The Shocking End: Di saat Nicholas yg sudah frustasi karena permainan tersebut melompat dari atap sebuah gedung bertingkat. Sebuah jala penyelamat menyambut tubuhnya, dari jauh terdengar suara tepuk tangan dan teriakan gembira orang-orang datang menghampirinya, termasuk Conrad yang baru saja ditembak Nicholas yang kemudian memeluk dan mengucapkan selamat ulang tahun kepadanya serta menjelaskan bahwa semua kemalangan yang dilewatinya hanyalah sebuah permaian belaka yang sudah diatur sedemikian rupa oleh adiknya itu.



3. The Orphanage | 2007 | Spain | Juan Antonio Bayona

Plot: Laura (Belén Rueda) baru saja pindah ke rumah barunya. Rumah yang dulunya juga bekas bangunan panti asuhan tempatnya menghabiskan masa kecilnya. Bersama sang suami Laura berencana menjadikan rumah tersebut sebagai pusat rehabilitasi bagi anak-anak yang mengalami cacat fisik dan mental. Namun mimpi buruk Laura mulai datang ketika putra angkatnya, Simon menghilang secara misterius setelah sebelumnya sempat bertengkar dengannya.

The Shocking End: Pada akhirnya Laura baru menyadarai bahwa Simon sebenarnya tidak pernah pergi dari rumah. Semuanya berawal di saat bocah tersebut menemukan sebuah ruangan rahasia di rumah itu, dan ditengah kepanikannya mencari Simon, Laura tdk sengaja mengunci ruangan rahasia tersebut.
Jadi suara-suara gedoran misterius yang didengarnya setiap malam setelah putranya menghilang itu adalah suara Simon sendiri yg menggedor-gedor pintu untuk meminta pertolongan, namun sialnya Simon terpeleset dari tangga, terjatuh dan mengakibatkan kakinya patah.
Tanpa pertolongan serta tidak bisa menggerakan tubuhnya selama berhari-hari membuat Simon pun meninggal dan Laura menemukannya setelah sekian lama dibawah. Di landa rasa sesalnya yang luar biasa, Laura pun mengakhiri hidupnya dengan menegak banyak obat tidur.

4. The Boy in the Striped Pyjamas | 2008 | UK, USA | Mark Herman

plot : Film yang diadaptasi dari novel laris berjudul sama ini mengisahkan persahabatan dan bagaimana perang dunia ke-2 dilihat dari sudut pandang 2 bocah lugu 8 tahun dengan latar belakang yang sangat bertolak belakang. Bruno (Asa Butterfield) adalah putra dari petinggi Nazi yagn tanpa sengaja bertemu dan menjalin pertemanan terlarang dengan Shmuel (Jack Scanlon), seorang Yahudi yang bersama ke-2 orangtuanya menjadi tahanan di kamp konsentrasi.

The Shocking End : Beginilah kalau potret tentang kekejaman perang disembunyikan di balik pakaianyang bertuliskan manisnya persahabatan. Kisah pertemanan ke-2 bocah lugu ini berujung tragis dan menyakitkan. Mengapa tidak? Mereka tanpa sengaja harus terbakar hidup-hidup dalam sebuah ruangan pembakaran yang sudah didesain khusus oleh Nazi untuk membantai para tahanan Yahudi.


5. Fight Club | 1999 | USA | David Fincher



Plot : Pertemuannya secara tidak sengaja dengan selesman sabun Tyler Durden (Brad Pitt) membuat hidup seorang pegawai kantoran pengidap Insomnia (Edward Norton) berubah drastis. Keduanya kemudian bersahabat dan membentuk sebuah perkumpulan anti-sosial bawah tanah yg dinamakan Fight Club

The Shocking End : “There is no Tyler Durden”. Yap! Di sepanjang film Fincher benar-benar piawai menutupi rahasia besar ini kepada penontonnya, membuat kita percaya kalau mereka memang adalah 2 manusia yg berbeda, namun pada kenyataanya Tyler Durden hanya hasil dari imajinasi si pegawai kantoran, sisi liarnya, hasil dari dissociated personalities akibat Insomnia yang berkepanjangan.



6. Hello Ghost | 2010 | KIM YOUNG-TAK
Plot : Sang Man (Cha Tae-Hyun) seorang pemuda yang depresi karena sudah berulang kali mencoba bunuh diri tapi hasilnya selalu gagal. Dan di usahanya yang terakhir ia bukan hanya gagal dalam usahanya bunuh diri namun ia kini juga dapat melihat penampakan dari 4 hantu misterius.
The Shocking End : Sebuah akhir yang tidak hanya mengejutkan, namun juga sangat menyentuh. Siapa yang pernah menyangka bahwa ke empat hantu itu adalah Ibu, kakak, ayah dan kakek Sang Man sendiri. Ketika kecil Sang Man mengalami kecelakaan lalu lintas hebat yang menewaskan keluarganya, Sang Man sendiri yang lolos dari maut mengalami trauma hebat hingga membuatnya tidak ingat lagi perisitwa mengerikan itu. Di adegan terakhir juga diperlihatkan bahwa selama ini hantu-hantu keluarganyalah yang kerap kali mencegah Sang Man bunuh diri.
 


7. Skeleton Key | 2005 | IAIN SOFTLEY


Plot : Kate Hudson sebagai Caroline Ellis, perempuan muda idealis asal New Jersey ini dipekerjakan oleh pengacara dari pasangan manula yg hidup di daerah pelosok Terrebone Parish, Lousiana untuk merawat mreka dengan bayaran menggiurkan. Yang tidak diketahui Caroline adalah tempat tinggal pasutri lanjut usia itu ternyata menyimpan misteri dan sejarah gelap yang mengerikan.

The Shocking End : Ritual yang dilakukan Caroline di akhir film alih-alih melindungi dirinya, ritual itu adalah jebakan sihir voodo kuno yg sudah disiapkan dengan matang oleh Violet yg ternyata merupakan jelmaan Mama Cecile, hasilnya, jiwa Caroline bertukar tempat dengan Violet, Mama Cecile mendapatkan kembali sebuah raga muda, dan Caroline kemudian diberikan semacam ramuan untuk membuatnya stroke dan tidak bisa berkata apa-apa lagi. Sementara pengacara muda yang dimainkan oleh Peter Sarsgaard adalah Papa Justity, suami Mama Cecile yang sebelumnya ternyata juga telah bertukar raga dengan suami Violet.
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar